Analisis Pengaruh Harga, Lokasi dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian

(Studi pada Wong Art Bakery & Café Semarang)

Intisari:

Faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah faktor harga. Penentuan harga produk maupun jasa yang dilakukan perusahaan sangat berpengaruh pada keputusan konsumen. Faktor lokasi juga berpengaruh terhadap keputusan yang diambil konsumen untuk membeli suatu produk. Lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen dan dekat dengan pusat keramaian merupakan lokasi yang tepat untuk suatu usaha. Setelah mempertimbangkan harga dan lokasi, konsumen juga mempertimbangkan kualitas produk yang akan mereka beli. Konsumen mengharapkan adanya kesesuaian antara harga dengan kualitas produk yang mereka terima. Menurut Windoyo (dikutip oleh Septhani, 2011) bahwa faktor kualitas produk juga tidak kalah pentingnya karena kualitas produk juga sebagai faktor penentu tingkat kepuasan yang diperoleh konsumen setelah melakukan pembelian dan pemakaian terhadap suatu produk. Dengan kualitas produk yang baik konsumen akan terpenuhi keinginan dan kebutuhannya akan suatu produk.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga, lokasi dan kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian Wong Art bakery&café dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan pembelian Wong Art bakery & café di Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah para konsumen Wong Art. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental sampling, yaitu teknik penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa yang kebetulan bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.

Masalah yang dihadapi oleh Wong Art bakery & café adalah terjadi fluktuasi penjualan dari bulan januari - oktober 2011. Hal tersebut disebabkan karena sudah semakin banyak usaha di Semarang yang bergerak di bidang kuliner, sehingga terjadi adanya persaingan yang sangat ketat antara bakery, café dan restoran. Semakin ketatnya persaingan menuntut manajemen Wong Art yang sudah sejak lama bergerak dibisnis kuliner harus lebih memperhatikan keinginan para pembelinya dan terus melakukan inovasi. Masalah yang terjadi pada Wong Art bakery & café yang sudah dijelaskan diatas memicu Wong Art untuk dapat menerapkan strategi yang tepat dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan pembelian, perlu diidentifikasi faktor-faktor apa saja yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian dan faktor mana yang paling dominan yang dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa lokasi, harga, dan kualitas produk memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputussan pembelian. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel kualitas produk lalu harga, sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah lokasi. Saran penulis adalah untuk meningkatkan keputusan pembelian dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keragaman produk, penetapan harga yang bersaing, dan pemilihan lokasi yang strategis. Wong Art bakery&café perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.