Juherry Erda - Analisis Implementasi Three Factor Model (Famafrench) dengan Variabel Likuiditas Berbasis Liquidity-Adjusted CAPM Model terhadap Return Saham LQ 45 di Pasar Modal Indonesia


Tesis Manajemen
Disusun oleh: Juherry Erda
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Model multifaktor yang menjadi pusat perhatian saat ini adalah model Three-Factor yang diperkenalkan oleh Fama dan French. Faktor yang sistematis di dalam model ini adalah kapitalisasi pasar dan rasio book value/market value (B/M) dan juga indeks pasar. Faktor-faktor tersebut sudah terbukti secara empiris melalui penelitian, bahwa rata-rata return di masa lampau pada perusahaan kecil dan pada saham yang mempunyai rasio B/M yang tinggi, tingkat returnnya lebih besar dari prediksi security characteristic line (SCL) oleh Capital Asset Pricing Model (CAPM). Penelitian tersebut berkesimpulan bahwa rasio B/M dapat menjadi proksi dari resiko sistematik yang tidak dapat dijelaskan oleh beta CAPM.

Hal mendasar yang patut dicermati dari penelitian ini adalah bahwa model Fama-French Three Factor tidak menjelaskan faktor likuiditas saham itu sendiri. Menurut Amihud (1986) investor membutuhkan risk premium yang lebih tinggi untuk saham yang kurang likuid. Jadi langkah memodifikasi model Fama-French Three Factor dengan menambahkan faktor likuiditas yang berasal dari model Illiquidity-Adjusted CAPM dirasa tepat dalam meningkatkan akurasi model tersebut karena mempunyai sudut pandang yang sama dalam menjelaskan return.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Hasil statistik secara keseluruhan menunjukkan bahwa variabel Market Risk Premium (MRP), High Minus Low (HML) dan βNet berpengaruh secara signifikan terhadap return saham-saham LQ45, sedangkan variabel Small Minus Big (SMB) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap return saham-saham LQ45; dan (2) Secara keseluruhan penelitian ini telah dapat memberikan bukti empiris tentang penerapan Fama-French Three Factor Model di pasar modal Indonesia (dalam sebuah sampel saham-saham LQ45).