Analisis Kebutuhan Dana Untuk Modal Kerja PT. Wana Awet Mas

Tugas Akhir / Tesis Magister Manajemen Agribisnis
Penulis: Daniek Widyaningroem
Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Program Studi Magister Manajemen Agribisnis


Ringkasan:

Dalam perusahaan perdagangan kebutuhan modal kerja merupakan faktor yang sangat penting. Dengan semakin berkembangnya suatu kegiatan perekonomian atau perkembangan suatu kegiatan usaha dari suatu perusahaan, maka dirasa perlu adanya sumber-sumber untuk penyediaan dana guna pembiayaan kegiatan usaha. Oleh karena itu hubungan antara pertumbuhan suatu kegiatan perekonomian maupun pertumbuhan dengan suatu kegiatan usaha dari perusahaan dengan eksistensi perkreditan mempunyai korelasi yang sangat erat, baik bersifat negatif maupun positif dalam kaitannya dengan penyediaan sumber dana modal kerja.

Penelitian ini mengambil kasus PT. Wana Awet Mas dengan tujuan untuk mengetahui sumber dana saat ini yang telah diperoleh/dinikmati oleh perusahaan untuk keperluan Modal Kerja Jangka Pendek, sumber dana yang paling effektif dan effisien bagi usaha perdagangan dan untuk mengetahui alternatif sumber modal yang seharusnya dipilih oleh perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data tahunan dari tahun 2000 sampai dengan Oktober 2003 berupa laporan keuangan, dengan menggunakan analisis rasio untuk mengetahui rasio likuiditas, rasio laverage, rasio aktifitas dan rasio keuntungan perusahaan serta proyeksi arus kas (cash flow) sampai dengan tahun 2005 untuk memperkirakan besarnya kondisi keuangan dan besarnya kebutuhan modal kerja untuk tahun yang akan datang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat ini selain modal sendiri perusahaan memperoleh beberapa sumber modal kerja yaitu hutang dagang, hutang bank dan modal ventura. Prosentase tertinggi setelah modal sendiri sebesar 57.81% yaitu modal ventura sebesar 22.60% diikuti modal kerja Bank BNI sebesar 17.80%, dan yang terkecil yaitu hutang dagang sebesar 1.79%. Dari beberapa sumber modal kerja, penggunaan dana yang paling effisien yang bersumber dari dana perbankan dengan tingkat suku bunga yang berlaku saat ini sebesar 16.50 % pertahun dengan tingkat effisiensi sebesar 21.73%.

Pencarian yang berhubungan: modal kerja perusahaan, kebutuhan modal kerja, manajemen modal kerja, analisis sumber dan penggunaan modal kerja, analisis modal kerja