Formulasi rencana strategis yang mengutamakan core competencies pada pemerintah kabupaten Probolinggo - Rohmad Basuki


Tugas Akhir/Tesis Manajemen
Disusun oleh: Rohmad Basuki
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Pemerintah Kabupaten Probolinggo dalam rangka melaksanakan pembangunan yang mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat di daerahnya hendaknya menggunakan core competencies yang dimiliki dengan berbasis pada sumber daya Kabupaten Probolinggo.
Core competencies yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten Probolinggo adalah pengelolaan potensi wisata gunung Bromo dan pengembangan agrobisnis untuk mangga. wisata gunung bromo sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas sehingga peningkatan pelayanan di bidang pariwisata berupa peningkatan sarana, kemampuan pemandu wisata dan peningkatan infrastruktur wisata akan mendorong peningkatan jumlah kunjungan wisata. produksi buah mangga sudah saatnya untuk ditingkatkan dalam produk lanjutannya seperti sari buah mangga, selai mangga, maupun sirup mangga, yang akan memberikan nilai tambah bagi Kabupaten Probolinggo. Hal ini dilakukan agar Pemerintah Kabupaten Probolinggo mempunyai daya saing yang unggul dalam persaingan.
Tujuan akhir dari yang diharapkan adalah terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui pemanfaatan sumber daya yang dimiliki dengan meningkatkan kemampuan untuk menggunakan sumber daya tersebut.