Suharto - Menyusun Model Balanced Scorecard sbg Sistem Manajemen Strategis dan Instrumen Pengukuran Kinerja pada PT. Semen Gresik (Persero) Tbk


Tesis Manajemen
Disusun oleh: Suharto
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Balanced Scorecard merupakan suatu alat manajemen yang diimplementasikan untuk mengukur bagaimana performa perusahaan dalam kesesuaian dengan visi, misi, value, dan strategi perusahaan. Balanced Scorecard terdiri dari dua kata yaitu Balanced dan Scorecard. Scorecard merupakan suatu kartu yang digunakan untuk mencatat nilai dari hasil performa, sedangkan Balanced menunjukkan bahwa performa diukur dalam suatu keseimbangan dari dua aspek keuangan dan non keuangan, jangka panjang dan jangka pendek, internal dan eksternal.

Dalam sistem manajemen strategis, Balanced Scorecard menghubungkan secara strategis antara visi, misi, dan value ke dalam tindakan-tindakan. Lebih jauh, Balanced Scorecard diaplikasikan ke dalam sistem dari penerjemahan strategi untuk memberikan pengukuran target strategi yang komprehensif, koheren, balanced dan terukur. Balanced Scorecard sebagai sistem manajemen strategis memperluas perspektifnya dalam perencanaan strategi sehingga tidak hanya untuk aspek dari hasil dan keuangan, tetapi juga meliputi fungsi bisnis dan organisasi. Balanced Scorecard juga menghubungkan perspektif sebagai suatu hubungan sebab akibat, sehingga dapat lebih koheren satu sama lain.

Sebagai sistem manajemen, Balanced Scorecard menunjukkan bahwa Balanced Scorecard dapat mengubah strategic performance measurement ke dalam kerangka reorganisasi pada sistem manajemen strategis. Strategi scorecard penggantian budget sebagai pusat dari proses manajemen. Sebagai suatu konsekuensi, Balanced Scorecard menjadi sistem operasional bagi proses manajemen strategis yang baru.

Penelitian ini mengambil studi kasus di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana mengorganisasi model Balanced Scorecard sebagai suatu sistem manajemen strategis dan instrumen pengukuran kinerja di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Studi ini dibuat untuk memperbaiki suatu pemahaman sistem manajemen strategis dan instrumenpengukuran kinerja dalam PT. Semen Gresik (Persero) Tbk., untuk memberikan suatu ilustrasi tentang perubahan masa depan untuk PT. Semen Gresik (Persero) Tbk., yang berdasarkan pada Balanced Scorecard untuk mencapai visi, misi, dan tujuan-tujuan dari PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. dan menentukan target dan action plan sebagai suatu dasar untuk mencapai target strategis bagi PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

Teknik analisis data yang diimplementasikan dalam penelitian ini mengikuti analisis data dengan model Yin yang mana termasuk dalam pengumpulan data, analisis data, membandingkan antara kriteria dengan hasil temuan, memberikan solusi yang membangun terhadap aplikasi model Balanced Scorecard sebagai suatu instrumen pengukuran kinerja di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.

Penelitian ini mencakup implementasi strategi di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk., termasuk proses perencanaan stratejik yang telah diimplementasikan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. Strategi yang distrukturkan secara formalitas dibuat dan dikomunikasikan kepada seluruh elemen dari PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.. PT. Semen Gresik (Persero) Tbk. tidak menggunakan Balanced Scorecard sebagai suatu sistem manajemen strategis dan instrumen pengukuran kinerja sehingga pengukuran kinerja yang ada tidak memiliki hubungan sebab akibat dari masing-masing aspek yang diukur. Dengan mengorganisasikan model Balanced Scorecard sebagai suatu sistem manajemen dan instrumen pengukuran kinerja di PT. Semen Gresik (Persero) Tbk., diharapkan bahwa elaborasi strategi dapat lebih jelas, isu-isu strategis dapat lebih terukur dan action plan dapat lebih sesuai dengan visi, misi, dan tujuan PT. Semen Gresik (Persero) Tbk.