(Studi pada
Pelanggan Kantor Pos Purworejo)
Tugas Akhir / Skripsi Manajemen Pemasaran
Disusun oleh: Renata R. Agustyn
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomi
Intisari:
Setiap perusahaan dituntut untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan penawaran dan pelayanan yang optimal, mengingat perusahaan harus mampu mempertahankan posisinya di tengah persaingan bisnis yang ketat seperti sekarang ini.
Kepuasan pelanggan merupakan respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dengan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian (Hartono, 2006). Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas barang atau jasa yang ditawarkan, sehingga kualitas merupakan prioritas utama bagi perusahaan sebagai tolok ukur keunggulan bersaing.
Perusahaan yang gagal memuaskan pelayanannya akan menghadapi masalah yang kompleks. Umumnya pelanggan yang tidak puas akan menyampaikan pengalaman buruknya kepada orang lain dan bisa dibayangkan betapa besarnya kerugian dari kegagalan memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, setiap perusahaan jasa wajib merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan, dan mengendalikan sistem kualitas sedemikian rupa, sehingga pelayanan dapat memuaskan para pelanggannya (Atmawati danWahyuddin, 2007).
Tugas Akhir / Skripsi Manajemen Pemasaran
Disusun oleh: Renata R. Agustyn
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomi
Intisari:
Setiap perusahaan dituntut untuk dapat memberikan kepuasan kepada pelanggannya dengan penawaran dan pelayanan yang optimal, mengingat perusahaan harus mampu mempertahankan posisinya di tengah persaingan bisnis yang ketat seperti sekarang ini.
Kepuasan pelanggan merupakan respon pelanggan terhadap ketidaksesuaian antara tingkat kepentingan sebelumnya dengan kinerja aktual yang dirasakannya setelah pemakaian (Hartono, 2006). Kepuasan pelanggan ditentukan oleh kualitas barang atau jasa yang ditawarkan, sehingga kualitas merupakan prioritas utama bagi perusahaan sebagai tolok ukur keunggulan bersaing.
Perusahaan yang gagal memuaskan pelayanannya akan menghadapi masalah yang kompleks. Umumnya pelanggan yang tidak puas akan menyampaikan pengalaman buruknya kepada orang lain dan bisa dibayangkan betapa besarnya kerugian dari kegagalan memuaskan pelanggan. Oleh karena itu, setiap perusahaan jasa wajib merencanakan, mengorganisasikan, mengimplementasikan, dan mengendalikan sistem kualitas sedemikian rupa, sehingga pelayanan dapat memuaskan para pelanggannya (Atmawati danWahyuddin, 2007).
Kepuasan pelanggan
telah menjadi konsep sentral dalam teori dan aplikasi pemasaran, serta
merupakan salah satu tujuan esensial bagi aktivitas bisnis (Hartono, 2006).
Kepuasan pelanggan didasarkan pada pengalaman penilaian yang dibuat oleh
pelanggan mengenai produk atau jasa yang ditawarkan. Penilaian itu berdasarkan
evaluasi persepsi pelanggan yang berhubungan dengan pengalaman pemakaian atau
value yang dimiliki yang memfasilitasi pencapaian tujuan pelanggan.
Kepuasan pelanggan
dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dimana terdapat lima dimensi. Menurut Parasuraman (1990)
menunjukkan bahwa persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan meliputi
persepsi yang berhubungan dengan sarana fisik (Tangibles), kehandalan (Reliability),
daya tanggap (Responsiveness), jaminan (Assurance) dan empati ( Empathy)
yang dapat diukur dengan instrumen SERVQUAL.
Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas yang terdiri dari bukti
fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati terhadap kepuasan pelanggan
dan menganalisis faktor yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan.
Populasi pada
penelitian ini adalah pelanggan Kantor Pos Purworejo. Sampel diambil sebanyak
100 responden dengan non-probability sampling menggunakan pendekatan accidental
sampling yaitu penentuan sampel berdasar kebetulan dimana siapa yang kebetulan
bertemu dengan peneliti dapat dijadikan sampel jika dipandang cocok.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif siginfikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimana didapat hasil persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 0,163X1 + 0,173 X2 + 0,229 X3 + 0,237 X4 + 0,190 X5. Dari hasil analisis tersebut dijelaskan bahwa variabel jaminan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan, variabel independen terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh variabel independen berpengaruh positif siginfikan terhadap kepuasan pelanggan. Dimana didapat hasil persamaan regresi linear berganda sebagai berikut : Y = 0,163X1 + 0,173 X2 + 0,229 X3 + 0,237 X4 + 0,190 X5. Dari hasil analisis tersebut dijelaskan bahwa variabel jaminan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan pelanggan. Secara keseluruhan, variabel independen terbukti mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan.