Strategi Pemasaran Susu Sapi di Koperasi UPP Kaliurang Yogyakarta

Tugas Akhir / Tesis Magister Manajemen Agribisnis
Penulis: Erwin Atlizar
Program Pascasarjana Universitas Gadjah Mada
Program Studi Magister Manajemen Agribisnis

Ringkasan:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman produk susu sapi Koperasi UPP Kaliurang sehingga dapat diketahui posisi Koperasi UPP Kaliurang saat ini. Dengan mengetahui posisi posisi produk susu sapi maka dapat ditentukan strategi pemasaran berdasarkan kesesuaian antara kemampuan internal (melalui kekuatan dan kelemahan) dan situasi eksternal (peluang dan ancaman) Koperasi UPP Kaliurang.

Metode penelitian adalah metode penelitian analisis deskriptif analisis. Data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup data primer dan sekunder, dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan dan pencatatan. Analisis terhadap lingkungan Internal dan Eksternal menggunakan analisis SWOT model Rangkuti (2003). Analisis Internal mengidentifikasikan faktor-faktor yang menjadi kekuatan dan kelemahan di bandingkan dengan pesaingnya, sedangkan analisis Eksternal mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi peluang dan ancaman bagi perusahaan. Melalui analisis SWOT ini dapat diketahui posisi bisnis Koperasi sehingga dapat ditentukan strategi pemasaran yang harus digunakan.

Dari hasil analisis internal faktor-faktor yang menjadi kekuatan Koperasi UPP Kaliurang adalah kualitas produksi, pertumbuhan penjualan, ijin Departemen Peternakan, kapasitas produksi dan loyalitas konsumen, sedangkan yang menjadi faktor kelemahannya adalah kegiatan promosi, anggaran promosi, kualitas SDM, inovasi produk, riset pemasaran. Dari hasil analisis eksternal faktor-faktor yang menjadi peluang adalah sumber pendanaan, tingkat permintaan, perubahan lingkungan politik, ekonomi, sosial, dan kestabilan harga, sedangkan faktor-faktor yang menjadi ancaman adalah perubahan musim, pesaing sejenis, perubahan teknologi, fluktuasi harga pasar. Dari hasil analisis SWOT di peroleh hasil bahwa posisi Koperasi UPP Kaliurang sangat menguntungkan karena posisi Koperasi UPP Kaliurang berada di kuadran I dengan skor kekuatan-kelemahan 0,52 dan peluang ancaman 0,68. karena posisi perusahaan berada pada kuadran I maka strategi yang harus dilakukan adalah growth-oriented strategy atau pengembangan pasar yang intensif.


Pencarian yang berhubungan: strategi pemasaran produk, produk susu sapi, analisis swot rangkuti