Sri W. N. Praharini - Evaluasi Kinerja Bank Berdasarkan Peringkat pada Bank-Bank yang Tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) Menggunakan Metode Economic Value Added (EVA)


Tesis Manajemen
Disusun oleh: Sri W. N. Praharini
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Kondisi perekonomian yang semakin terbuka membuat persaingan dalam dunia perbankan semakin ketat. Sejalan dengan perkembangan sektor perbankan di Indonesia, kepercayaan masyarakat terhadap perbankan semakin menurun, terutama sejak pencabutan ijin beberapa bank pada tahun 1997, hingga akhirnya pada tahun 2005 jumlah bank umum yang ada di Indonesia menjadi 130 bank. Kondisi perbankan seperti dijelaskan diatas yang tidak menentu merupakan bentuk kesulitan yang dialami oleh perbankan nasional secara umum.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesehatan kinerja perbankan yang berstatus go publik/terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan menganalisis laporan keuangan perbankan yang telah berstatus go publik di BEI selama tahun 2006 sampai dengan 2008. Dari laporan keuangan selanjutnya dihitung rasio keuangan, kemudian diukur kinerja bank sebenarnya pada bank-bank nasional yang sudah go publik dan terdaftar di BEI.

Peneliti akan mencoba menganalisis kinerja perbankan berdasarkan metode Economic Value Added (EVA). Sampel dalam penelitian ini adalah bank-bank umum nasional yang terdaftar di BEI pada tahun 2006 sampai 2008. Sejumlah 28 bank seluruhnya akan dijadikan sampel atau dengan kata lain penelitian ini menggunakan metode sensus atau sampel jenuh, dimana kerangka sampel yang ada semua diteliti. Kesimpulan dari penelitian ini nilai EVA positif menunjukkan bahwa bank-bank yang terdaftar di BEI memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada biaya modal. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa bank-bank besar seperti Mandiri, BRI, BCA, BNI, Danamon dan Bank Niaga selalu menempati posisi teratas kinerja bank pada periode penelitian 2006 sampai 2008. Hasil penelitian juga mengindikasikan bahwa hasil perhitungan EVA dapat digunakan sebagai indikator kinerja kesehatan bank dan menunjukkan peringkat sebenarnya dari bank-bank nasional yang tercatat di BEI selama periode 2006 - 2008.