Pengaruh Popularitas Endorser, Daya Tarik Media Luar Ruang, dan Kreativitas Iklan thd Efektivitas Iklan Guna Menumbuhkan Top of Mind Produk Simcard GSM Prabayar Mentari

(Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis UNDIP)

Intisari:

Efektivitas iklan yang tinggi dilihat dari brand recognizing (merek dikenali oleh yang melihatnya), menarik dan mampu menyampaikan pesan mengenai merek atau produk yang diiklankan (Percy & Rossiter, 1992:264-265; Till & Baack, 2005:48). Selain itu, menurut Schults & Tannenbaum dalam Shimp (2000), efektivitas iklan dapat dilihat dari pengenalan merek (brand recognition), iklan diingat, serta pesan iklan dipahami. Semakin tinggi tingkat merek dikenal, iklan diingat dan pesan iklan dipahami, maka iklan tersebut semakin efektif dalam menyampaikan tujuannya.

Top of Mind (TOM) adalah salah satu tingkatan yang paling tinggi dari brand awareness. Merek yang berada pada tahapan ini biasanya merupakan merek yang berhasil menciptakan iklan yang mampu mengingatkan konsumen pada nama merek tersebut. Penelitian yang dilakukan oleh Melaniarti Tjandra (2005) tentang Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Membeli Produk Perlengkapan Bayi Michelle Collection menyimpulkan bahwa iklan dan promosi penjualan berpengaruh terhadap Top Of Mind. Efek-efek komunikasi (communication effects) yang dicapai melalui iklan dan promosi penjualan akan membuat suatu nama merek tertanam secara kuat dalam benak konsumen dan berpengaruh pada keputusan membeli suatu merek. Menurut Schultz & Tannenbaum dalam Shimp (2000), efektivitas iklan dapat dilihat dari pengenalan merek (brand recognition), iklan diingat, serta pesan iklan dipahami. Semakin tinggi tingkat merek dikenal, iklan diingat dan pesan iklan dipahami, maka iklan tersebut semakin efektif dalam menyampaikan tujuannya.

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan sebagian kecil jawaban atas permasalahan penurunan top of mind produk simcard GSM prabayar merek Mentari di mata masyarakat sebagai konsumen mereka dengan menguji pengaruh daya tarik media luar ruang, popularitas endorser, dan kreativitas iklan terhadap efektivitas iklan guna menumbuhkan top of mind produk ini.

Sampel pada penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dari mahasiswa pengguna layanan operator seluler dengan berbagai merek. Studi kasus penelitian dilaksanakan di lingkungan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro.

Dengan menggunakan regresi 2 tahap melalui perangkat lunak SPSS for windows, diperoleh suatu hasil yang menunjukkan bahwa popularitas endorser, daya tarik media luar ruang, dan kreativitas iklan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap efektivitas iklan guna menumbuhkan top of mind. Dari ketiga variabel independen, diketahui bahwa daya tarik media luar ruang memiliki pengaruh yang paling besar. Oleh karena itu, dalam penelitian ini implikasi yang disarankan adalah agar Indosat untuk lebih memperbaiki iklan media luar ruang terlebih dahulu agar memiliki daya tarik yang besar dalam menarik perhatian konsumen baru kemudian diikuti dengan pembuatan iklan yang kreatif dan memilih brand endorser yang populer saat itu, sehingga tercipta efektivitas iklan yang tinggi dan top of mind pun akan tumbuh.