Pupus R. Afriswari - Penerapan Cross Currency Interest Rate Swap utk Mengurangi Ketidakpastian dan Penghematan Dana

(Studi Kasus Pada PT. Semen Gresik, tbk)

Tugas Akhir / Tesis Manajemen Keuangan
Disusun oleh: Pupus R. Afriswari
Program Pascasarjana Universitas Airlangga
Bidang Ilmu Manajemen Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:

Perusahaan mengalami perkembangan jika keuntungan meningkat dari waktu ke waktu, karena keuntungan merupakan tolok ukur keberhasilan dari suatu perusahaan, dengan diikuti pemenuhan kebutuhan dana operasional sehari-hari yang juga semakin meningkat. Pada tahun 2005 sampai dengan 2008 kebutuhan cash flows pada PT Semen Gresik mengalami peningkatan yang cukup tinggi terutama dari tahun 2006 ke 2007 meningkat 62% disebabkan oleh peningkatan kas baik dalam bentuk uang rupiah ataupun USD, simpanan kas pada bank, deposito berjangka waktu tiga bulan atau kurang (dalam bentuk mata uang rupiah ataupun USD), deposito berjangka lebih dari tiga bulan dan deposito berjangka yang dibatasi penggunaannya. Untuk mengatasi kekurangan cash flow perusahaan memilih dengan menerbitkan obligasi yang bersifat lintas negara atau lebih dikenal dengan global bonds yang berjenis CCIRS atau lebih dikenal dengan Cross Currency Interest Rate Swap. Keuntungan CCIRS antara lain: Pergerakan tingkat bunga dan valas secara bersamaan, dapat dipakai sebagai media untuk mengubah investasi kearah pergerakan pasar yang menguntungkan, sedangkan resiko-resiko yang terjadi yaitu: pergerakan mata uang atau tingkat suku bunga yang tidak sesuai dengan prediksi pihak pemakai CCIRS, counter party default (adanya wanprestasi) dan biaya premium.
 

Tujuan penelitian ini untuk mengkaji penerapan CCIRS sehingga dapat mengurangi ketidakpastian dan menghemat dana yang dikeluarkan oleh PT. Semen Gresik, Tbk. Transaksi Cross Currency Interest Rate Swap merupakan suatu kontrak perjanjian antara dua pihak untuk saling membayar bunga atas suatu pokok tertentu dalam mata uang berbeda. Jumlah pokok dari swap pada umumnya dipertukarkan pada awal kontrak dan dipertukarkan kembali pada saat jatuh tempo kontrak (Bank Niaga, 2006: 8-9).

Pendekatan yang digunakan dalam penulisan thesis ini adalah pendekatan Case Study (studi kasus) untuk memperoleh data dari berbagai sumber investigasi (dokumen, arsip, wawancara, observasi, artifak, sumber-sumber majemuk) secara sistematik terhadap individu, kelompok, organisasi atau kegiatan (event). Sumber data yang berkenaan dengan pihak perusahaan seperti RJPP, annual report, IR dan ER serta data makro.


Dari hasil analisis dapat disimpulkan: (1) rancangan penggunaan CCIRS (Cross Currency Interest Rate Swap) sangat efektif untuk mengurangi ketidakpastian dan menghemat dana yang dikeluarkan oleh PT. Semen Gresik, Tbk. (2) CCRIS juga dapat membantu mengurangi ketidakpastian. Dengan saran-saran sebagai berikut: (1) PT. Semen Gresik, Tbk menerapkan penggunaan transaksi CCIRS karena terbukti mengurangi ketidakpastian dan menghemat dana dalam pembayaran bunga tiap jatuh tempo pembayarannya. Serta Pemilihan bunga mengambang atau bunga tetap pada penggunaan transaksi CCIRS harus tepat, karena akan mempengaruhi pembayaran bunga tiap jatuh tempo pembayarannya dan akan berpengaruh pada cashflow perusahaan tersebut.