Shitta Amalia - Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kebijakan Dividend Payout Ratio

(Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia non Keuangan Periode 2005-2009) 

Tugas Akhir / Skripsi Manajemen Keuangan
Disusun oleh: Shitta Amalia
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen Keuangan
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Pasar modal memiliki dua fungsi , yaitu memenuhi keinginan perusahaan untuk memperoleh modal dan keinginan investor untuk menanamkan modal. Pemodal di dalam menginvestasikan dana memiliki tujuan untuk meningkatkan kemakmuran. Tujuan ini telah menjadi tujuan normatif atau tujuan yang seyogyanya dicapai oleh manajer keuangan. Dari sudut pandang manajemen keuangan, salah satu tujuan perusahaan adalah untuk memaksimumkan kemakmuran pemegang saham atau stockholder (Brigham, 2001) Investor mempunyai tujuan utama dalam menanamkan dananya ke dalam perusahaan yaitu untuk mencari pendapatan atau tingkat pengembalian investasi baik berupa pendapatan dividen (dividend yield) maupun pendapatan dari selisih harga jual saham terhadap harga belinya (capital gain). Dengan adanya stabilitas dividen dapat meningkatkan kepercayaan investor terhadap perusahaan. Dividen merupakan nilai pendapatan bersih perusahaan setelah pajak dikurangi laba ditahan sebagai cadangan bagi perusahaan (Ang, 1997). Dividen ini merupakan bagian keuntungan dari laba perusahaan yang dibagikan kepada pemegang saham.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh kinerja keuangan perusahaan melalui NPM, Cash Ratio, DER, Growth dan Size terhadap dividend payout ratio pada perusahaan-perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode tahun 2005 hingga 2009. Permasalahan dari penelitian ini adalah karena adanya kontradiksi antara teori dengan fakta yang ada mengenai pengaruh NPM, Cash Ratio, DER, Growth dan Size terhadap dividend payout ratio selama periode pengamatan tahun 2005- 2009.

Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling, sampel sebanyak 11 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan dengan jangka waktu penelitian 2005-2009, data diperoleh dari Indonesian Capital Market Directory.

Metode analisis yang digunakan adalah regresi berganda dengan kuadrat persamaan terkecil dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta F-Statistik untuk menguji pengaruh secara simultan. Selain itu sebelumnya juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji Normalitas, uji Multikolinearitas, uji Heteroskedastisitas, dan uji Autokorelasi. 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya penyimpangan asumsi klasik, hal ini menunjukkan bahwa data yang tersedia telah memenuhi syarat untuk digunakan model regresi linear berganda. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah DPR = -25.571 + 4.421 NPM – 8.580 Cash Ratio -2.537 DER -3.768 Growth +3.626 Size Dari hasil analisis menunjukkan hasil secara parsial bahwa variabel NPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap DPR. Variabel Cash Ratio menunjukkan pengaruh negatif dan signifikan terhadap Dividen Payout Ratio Variabel Debt to Equity ratio(DER)dan Growth menunjukkan pengaruh negatif dan tidak signifikanterhadap Dividen Payout Ratio, Firm Size menunjukkan pengaruh positif dan signifikan. Kemudian hasil estimasi regresi menunjukkan kemampuan prediksi dari 6 variabel bebas tersebut terhadap DPR sebesar 29.5% sedangkan sisanya 70.5% dipengaruhi oleh faktor lain diluar model yang belum dimasukkan dalam analisis ini.