Nanik Indriani - Perbandingan Kinerja, Kemampuan Pemiliihan Saham dan Antisipasi Waktu Pasar pada Reksadana Saham Konvensional dgn Reksadana Saham Syariah Periode 2007-2009

Tugas Akhir / Tesis Manajemen Keuangan
Disusun oleh: Nanik Indriani
Program Pasca Sarjana Universitas Airlangga
Bidang Ilmu Manajemen Keuangan
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kinerja, kemampuan pemilihan saham dan kemampuan antisipasi waktu pasar pada reksa dana saham konvensional dengan reksa dana saham syariah. Kinerja, kemampuan pemilihan saham dan kemampuan antisipasi waktu pasar pada reksa dana saham konvensional dan reksa dana saham syariah yang dianalisa selama periode 2007 sampai dengan 2009. Kinerja reksa dana saham diukur menggunakan metode Jensen, sedangkan kemampuan pemilihan saham dan kemampuan antisipasi waktu pasar reksa dana saham diukur menggunakan metode Treynor Mazuy. Metode penelitian untuk menguji perbedaan kinerja dari masing-masing reksa dana antara periode 2007 sampai tahun 2009 terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan Kolmogorov Smimov untuk mengetahui data berdistribusi normal atau tidak. Data kinerja alpha Jensen dan kemampuan pemilihan saham berdistribusi normal menggunakan uji beda dua rata-rata dengan independent t-test sedangkan data kemampuan antisipasi waktu pasar berdistribusi tidak normal menggunakan uji Mann Whitney.

Hasil penelitian pertama menunjukkan bahwa kinerja berdasarkan metode Jensen antara reksa dana konvensional dengan reksa dana syariah tidak terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian kedua menunjukkan bahwa kemampuan pemilihan saham berdasarkan metode Treynor Mazuy antara reksa dana konvensional dengan reksa dana syariah terdapat perbedaan yang signifikan dimana kemampuan pemilihan saham pada reksa dana syariah lebih baik dibandingkan kemampuan pemilihan saham pada reksa dana konvensional. Hasil penelitian ketiga menunjukkan bahwa kemampuan antisipasi waktu pasar berdasarkan metode Treynor Mazuy antara reksa dana konvensional dengan reksa dana syariah berbeda secara signifikan dimana kenampuan antisipasi waktu pasar pada reksa dana konvensional lebih baik dibandingkan kemampuan antisipasi waktu pasar pada reksa dana syariah.