M. Noor Al Akhyaar - Analisis Segmentasi Persepsi dan Multidimensional Scaling terhadap Layanan ATM Bank Jatim


(Studi Layanan ATM Bank Jatim Cabang Utama Surabaya)

Tesis Manajemen
Disusun oleh: M. Noor Al Akhyaar
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat nasabah Bank Jatim untuk memanfaatkan layanan ATM Bank Jatim. Hal ini ditandai dengan sedikitnya nasabah yang memiliki rekening tabungan di Bank Jatim, namun rekening tersebut tidak memiliki fasilitas ATM Bank Jatim. Sebenarnya banyak keunggulan yang ditawarkan layanan ATM Bank Jatim, antara lain tidak adanya biaya penarikan untuk tarik tunai di mesin ATM bank lain, kemampuan transfer antar bank, dan biaya administrasi bulanan yang rendah. Tabungan Simpeda, yang merupakan salah satu produk andalan Bank Jatim, adalah produk yang saat ini diprioritaskan untuk dapat menarik nasabah dengan adanya layanan ATM Bank Jatim. Untuk itu, penelitian ini memfokuskan pada nasabah yang memiliki rekening Tabungan Simpeda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Cluster Analysis untuk memilah segmen responden berdasarkan persepsi nasabah. Preferensi responden dipetakan dengan Multidimensional Scaling (MDS) untuk mengetahui preferensi nasabah terhadap aspek keamanan, kemudahan, kecepatan, efisiensi, dan kenyamanan antara layanan ATM Bank Jatim dengan ATM bank lain sesama anggota ATM Bersama. Kuisioner yang disebar kepada responden sebanyak 400, sedangkan yang dapat dianalisa sebanyak 345 kuisioner. Pengambilan sampel dengan menggunakan probability sampling methods.

Dari hasil penelitian diperoleh hasil, bahwa cluster responden berdasarkan persepsi sebanyak empat cluster, yaitu (1). ATM Service Finding Segment, (2). Card Transaction Segment, (3). Efficiential Activity Segment, dan (4). Teller Service Segment. Preferensi responden diperoleh bahwa dari kelima aspek yang dinilai, responden menilai rendah aspek kemudahan, keamanan, dan efisiensi. Untuk penilaian preferensi dari masing-masing segment, segment teller service memandang semua aspek kurang dari ideal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, bahwa secara umum layanan ATM Bank Jatim telah dinilai baik, namun perlu diperhatikan terhadap kurangnya sebaran mesin ATM Bank Jatim di pusat keramaian, perlunya meningkatkan aspek kemudahan jangkauan, peningkatan aspek keamanan, dan meningkatkan efisiensi dengan memberikan fitur-fitur menu yang lebih lengkap.