Romi Ilham - Pengaruh Spiritual Leadership terhadap Organizational Commitment Melalui Calling dan Membership pada Karyawan Kantor Pemasaran PT. Asuransi Takaful Keluarga di Jawa timur


Tesis Manajemen
Disusun oleh: Romi Ilham
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Spiritual Leadership merupakan pembentukan values, attitude dan behaviour yang dibutuhkan untuk memotivasi diri sendiri dan orang lain secara intrinsic motivation sehingga menggapai rasa spiritual survival berupa calling dan membership. Dampak dari spiritual leadership dalam membangun hubungan antara pemimpin dengan pengikutnya adalah dengan menciptakan values yang selaras, pemberdayaan anggota dan individu, meningkatkan aspek psikologis dan kesejahteraan sehingga tercapainya organizational commitment.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari spiritual leadership terhadap organizational commitment melalui calling dan membership. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dijabarkan dalam empat variabel yang terdiri dari spiritual leadership sebagai variabel eksogen dengan karakteristik vision, altruistic love dan hope, calling dan membership sebagai variabel endogen penengah/intervening dan organizational commitment sebagai variabel endogen yang diajukan pada karyawan PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Pemasaran Surabaya. Berdasarkan landasan teori yang digunakan dan rumusan yang diajukan, terdapat empat hipotesis yang akan diuji. Penelitian ini dilakukan pada 50 karyawan PT. Asuransi Takaful Keluarga Kantor Pemasaran Surabaya. Teknis analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik partial least square (PLS).

Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) spiritual leadership berpengaruh signifikan terhadap calling (2) spiritual leadership berpengaruh signifikan terhadap membership (3) calling berpengaruh signifikan terhadap organizational commitment dan (4) membership berpengaruh signifikan terhadap organizational commitment.