Adega Anggayasta - Analisis Pengaruh Produk Inti dan Produk Peripheral terhadap Minat Beli Ulang di Retronomic Boy Shop di Semarang

Tugas Akhir / Skripsi Manajemen Pemasaran
Disusun oleh: Adega Anggayasta
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Penelitian tentang minat beli ulang konsumen pada produk menunjukkan hubungan antara value inti dari produk yang ditawarkan dan produk peripheral atau produk tambahan / pelengkap dan pelayanan yang ditawarkan pula. Produk inti seharusnya didukung oleh berbagai produk pheriperal. Produk pheriperal digunakan untuk meningkatkan nilai dari penawaran total. Karena jasa inti atau produk inti seringkali tidak dapat dibedakan dengan perusahaan pesaing, maka pilihan konsumen terhadap produk jatuh pada pheriperal produk.

Berdasarkan uraian yang disebutkan diatas maka judul yang akan dipilih dalam penelitian ini adalah “: Analisis pengaruh produk inti dan produk peripheral terhadap minat beli ulang di Retronomic Boy Shop

Di dalam penelitian ini, masalah yang dihadapi Retronomic Boy Shop adalah
rendahnya pembelian ulang dari sebagian besar konsumen. Selama kurang lebih 16
bulan, pembelian ulang produk di Retronomic Boy Shop hanya mencapai prosentase
30%.

Produk inti merupakan produk yang memiliki manfaat yang sebenarnya dibutuhkan dan akan dikonsumsi oleh pelanggan dari setiap produk. Misalkan dalam produk jam tangan, manfaat utama yang dibeli para konsumen adalah ‘untuk melihat waktu atau jam’. Sedangkan produk peripheral atau produk pelengkap merupakan berbagai atribut produk yang dilengkapi berbagai manfaat dan layanan, sehingga dapat memberikan tambahan kepuasan dan bisa dibedakan dengan produk pesaing (Tjiptono,1997). Untuk dapat mengetahui penyebab masalah tersebut, maka dilakukan analisis terhadap variabel produk inti dan produk peripheral.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas, permasalahan dalam penelitian ini menitikberatkan pada pengaruh produk inti dan produk peripheral (produk tambahan). Maka perumusan masalah dalam hal ini dapat diperinci sebagai berikut :
1. Apakah pengaruh inti produk terhadap minat beli ulang konsumen terhadap produk Retronomic Boy Shop.
2. Apakah pengaruh produk peripheral terhadap minat beli ulang konsumen terhadap produk Retronomic Boy Shop.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh produk inti dan produk peripheral terhadap minat beli ulang di Retronomic Boy Shop. Penelitian ini dilakukan berdasarkan observasi awal di lapangan dan data informasi langsung dari pemilik Retronomic Boy Shop dan didapatkan sebuah masalah bahwa telah terjadi penurunan tingkat minat beli ulang konsumen pada Retronomic Boy Shop sepanjang bulan Agustus 2009 hingga bulan Desember 2010.

Sampel penelitian yang digunakan berjumlah 100 responden dari total populasi berjumlah 140 responden yang tidak melakukan pembelian ulang di Retronomic Boy Shop. Dari 140 kuesioner yang disebar, 37 responden tidak memberikan feed back dalam jangka waktu yang telah ditentukan, dan 3 responden tidak menjawab pertanyaan dalam kuesioner dengan jelas. Kuesioner berisi pertanyaan terbuka dan tertutup.

Data-data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik diolah menghasilkan persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0.432 X1 + 0.357 X2
Y adalah variabel minat beli ulang, X1 adalah variabel produk inti, dan X2 adalah variabel produk peripheral.