Ely K. Primasari - Pengaruh Budaya Organisasi thd kinerja Karyawan dgn Variabel Usia sbg Moderator pada PT. Inka di Madiun

Tugas Akhir / Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia
Disusun oleh: Ely K. Primasari
Program Pascasarjana Universitas Airlangga
Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:

Budaya organisasi merupakan serangkaian nilai-nilai, norma-norma kepercayaan, dan pengertian yang dianut oleh anggota organisasi dan dianggap sebagai kebenaran bagi anggota yang baru dan penerapan suatu budaya tentunya akan berdampak pada kinerja yang dicapai oleh perusahaan itu sendiri. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan pada PT. INKA di Madiun dan untuk membuktikan bahwa pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja karyawan dimoderasi oleh variabel usia pada PT. INKA di MAdiun.

Untuk mengetahui tujuan tersebut mak penelitian ini menggunakn data kuesioner yang disebarkan kepada sebanyak 90 orang karyawan PT. INKA di Madiun yag diukur dengan skala Likert yang merentang dari skala 1 sampai dengan skala 5. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik regresi linier yang dikombinasikan pula dengan teknik analisis regresi dengan variabel moderasi menggunakan program SPSS for Windows.

Hasil penelitian membuktikan bahwa budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. INKA di Madiun. Hasil ini sekaligus menjadi temuan pentingnya budaya organisasi dibentuk dan dikembangkan sehingga bisa memacu kinerja perusahaan di masa-masa mendatang. Budaya organisasi mampu menerangkan 13,6% dari kinerja yang ada sehingga bilaman budaya organisasi diperbaiki dan dikembangkan di masa mendatang maka peranan budaya bisa lebih besar untuk mendorong kinerja karyawan yang pada akhirnya kemajuan perusahaan bisa didorong lebih cepat lagi. hasil akhir penelitian mendapatkan bukti bahwa kinerja yang dipengaruhi oleh budaya organisasi dimoderasi oleh usia karyawan bersangkutan. Temuan ini membuktikan bahwa regenerasi karyawan harus dilakukan agar kinerja orang-orang baru membawa kesegaran bagi kinerja yang timbul di perusahaan PT. INKA di Madiun. Temuan ini juga penting mengingat bahwa karyawan yang relatif lebih lama bekerja pada PT. INKA sebenarnya merupakan warisan dari PT. Kereta Api Indonesia yang juga sama-sama perusahaan pemerintah. Sebagai perusahaan pemerintah yang selama ini menjadi rahasia umum bahwa kinerja pegawai pemerintahan berkondite buruk sehingga penyegaran dan rekrutmen pegawai baru mutlak diperlukan.

Manajemen Indonesia - Headline Animator