M. Hanif Al Rizal - Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Karyawan

(Studi pada Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Kota Semarang) 

Tugas Akhir / Skripsi Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
Disusun oleh: M. Hanif Al Rizal
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen SDM (Sumber Daya Manusia)
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:
Kesehatan bagi masyarakat telah menjadi suatu kebutuhan yang utama. Kebutuhan yang dimaksud adalah kebutuhan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. Seiring dengan meningkatnya taraf hidup masyarakat, maka semakin meningkat pula tuntutan masyarakat akan nilainilai kesehatan. Hal ini menjadikan lembaga kesehatan dituntut untuk meningkatkan kualitas akan pelayanan jasa kesehatan yang lebih baik.

Salah satu lembaga kesehatan adalah rumah sakit. Fungsi rumah sakit dewasa ini bertambah kearah pelayanan kesehatan yang menyeluruh seiring dengan berkembangnya ilmu dan teknologi. Baik dalam upaya penyembuhan bagi konsumen yang sedang sakit maupun bagi konsumen yang membutuhkan konsultasi kesehatan dan upaya pencegahan serta peningkatan kesehatan.

Kelangsungan rumah sakit di masa mendatang akan bergantung pada kemampuannya untuk memberikan respon terhadap kebutuhan konsumen melalui pelayanan yang berkulitas. Peningkatan kualitas pelayanan sebuah rumah sakit sangat penting diperhatikan, terutama dalam masa sekarang ini dimana persaingan antar rumah sakit berjalan ketat. Untuk mencapai pelayanan yang berkualitas setidaknya dibutuhkan kinerja yang baik di dalam rumah sakit yang bersangkutan.Kinerja yang baik ini merupakan tanggung jawab dari seluruh pihak yang ada didalam rumah sakit, termasuk para karyawan, dimana mereka berhubungan dan bersinggungan langsung dengan para konsumen.

Mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak merupakan kebutuhan yang utama bagi masyarakat. Lembaga kesehatan dituntut untuk memberikan pelayanan jasa kesehatan yang berkualitas. Pelayanan yang berkualitas tidak bisa terlepas dari kinerja optimal seluruh pihak di dalam lembaga kesehatan terutama karyawan-karyawannya. Kinerja yang baik dapat muncul apabila karyawan-karyawan menerapkan nilai-nilai utama yang dijadikan falsafah dan pedoman dalam menjalankan seluruh kegiatan organisasinya, yang disebut dengan budaya organisasi. Selain itu, kinerja yang optimal dapat dihasilkan dari karyawan-karyawan yang memiliki perasaan senang dan nyaman dalam melaksanakan pekerjaannya, dimana mereka memperoleh kepuasan kerja sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh faktor budaya organisasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Penelitian dilakukan di Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” Kota Semarang.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 karyawan yang terdiri dari perawat, non perawat serta administrasi dan umum. Adapun metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda, menggunakan program SPSS.

Hasil analisis menunjukkan bahwa budaya organisasi berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan yang ditunjukkan oleh nilai probabiltas 0,007 dan t hitung sebesar 2,759 dengan nilai koefisien 0,241, kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap kinerja karyawan yang ditunjukkan dengan nilai probabilitas 0,000 dan t hitung sebesar 5,262 dengan nilai koefisien 0,460. Hasil tersebut mengindikasikan bahwa untuk meningkatkan kinerja karyawan manajemen Rumah Sakit Panti Wilasa “Citarum” perlu memperhatikan faktor-faktor budaya organisasi dan kepuasan kerja, karena faktor-faktor tersebut terbukti mempengaruhi kinerja karyawan.