Eka K. U. Dewayani - Studi Mengenai Implikasi Penerapan Human Resource Information System pada PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk

Tugas Akhir / Tesis Manajemen Sumber Daya Manusia
Disusun oleh: Eka K. U. Dewayani
Program Pascasarjana Universitas Airlangga
Bidang Ilmu Manajemen Sumber Daya Manusia
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:

Human Resource Information System memberikan banyak keuntungan bagi karyawan dan perusahaan PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK menerapkan HRIS dengan tujuan untuk melakukan efisiensi, meningkatkan komunikasi antar karyawan sehingga staff HRD (Human Resource Departement) dapat lebih focus pada aktivitas HRD yang lebih strategis.

Penelitian ini menggunakan holistic single case study untuk menjawab empat research question tentang penerapan HRIS di perusahaan, implikasi penerapan HRIS dalam HRM Practice di perusahaan, implikasi penerapan HRIS dalam employee empowerment di perusahaan serta implikasi penerapan HRIS dalam knowledge sharing di perusahaan. Pengumpulan data dilakukan melalui berbagai sumber data diantaranya dengan observasi, wawancara, dokumentasi, archival record, evalusi serta triangulasi.


Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan HRIS menunjukkan bahwa penerapan HRIS pada PT. TELEKOMUNIKASI INDONESIA, TBK telah sesuai dengan tujuan perusahaan. Meskipun belum merupakan aplikasi yang sempurna dan masih dalam mengembangan, namun keberadaan HRIS sangat membantu kerja karyawan. Penerapan HRIS berpengaruh terhadap employee empowerment di perusahaan. Beberapa proses dan metode dalam HRM practice dapat dilakukan secara online sehingga mendukung kelancaran aktifitas pekerjaan karyawan. Penerapan HRIS memberikan kemudahan dalam melakukan knowledge sharing sehingga setiap karyawan dapat mengakses semua knowledge yang dibutuhkan pada setiap saat.