Comaeni E. Ferdinan - Analisis Pengaruh Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Produk, dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki

(Studi Pada Pembeli – Pengguna Sepeda Motor Suzuki di Kota Solo) 

Tugas Akhir / Skripsi Manajemen Pemasaran
Disusun oleh: Comaeni E. Ferdinan
Program Sarjana Universitas Diponegoro
Bidang Ilmu Manajemen Pemasaran
Fakultas Ekonomika dan Bisnis

Intisari: 

Untuk dapat memenangkan persaingan, setiap produsen sepeda motor selalu berusaha membuat inovasi - inovasi terhadap produk mereka, agar konsumen dapat tertarik dan membeli produk yang mereka jual. Menurut Kotler & Armstrong (2001: 226) keputusan pembelian adalah tahap dalam proses pengambilan keputusan pembeli di mana konsumen benar-benar membeli. Keadaan ekonomi dengan mayoritas penduduk Indonesia adalah kalangan menengah ke bawah, menjadikan sepeda motor sebagai pilihan alat transportasi yang utama dalam jarak yang tidak terlalu jauh. 

Dalam pengambilan keputusan pembelian, setiap individu satu dengan yang lain pasti berbeda – beda. Budaya masyarakat Indonesia yang ingin segala sesuatu serba cepat dan instant, serta demi meningkatkan status sosial semakin memantapkan mereka untuk membeli sebuah sepeda motor. Hal ini sesuai dengan pendapat yang dikemukakan oleh Charles W.Lamb,Jr.,Joseph F.hair, Jr.,Carl Mcdaniel (2004) Proses pengambilan keputusan konsumen tidak bisa terjadi dengan sendirinya, sebaliknya masalah kebudayaan, sosial, individu dan psikologis secara kuat mempengaruhi proses keputusan tersebut. Menurut Schiffman dan Kanuk, (2000) Keputusan pembelian adalah suatu keputusan seseorang dimana dia memilih salah satu dari beberapa alternatif pilihan yang ada. Banyaknya pilihan sepeda motor saat ini membuat konsumen harus lebih cermat dalam memutuskan untuk membeli sepeda motor mana yang sesuai untuk mereka. Menurut penelitian terdahulu yang dilakukan oleh beberapa peneliti, di antaranya Kelvin Girindra (2012), Muhammad Yusuf (2011), banyak sekali faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian terhadap suatu merk, antara lain persepsi harga, variasi produk, kualitas produk, promosi, distribusi,layanan purna jual,segmentasi pasar, dsb. Namun menurut pandangan peneliti, objek yang diteliti kali ini adalah produk sepeda motor, sehingga dalam penelitian kali ini peneliti hanya mengambil tiga dari beberapa faktor yang ada,di antaranya persepsi harga,persepsi kualitas produk dan promosi, hal ini dikarenakan tiga faktor tersebut adalah faktor paling dominan dalam penelitian - penelitian terdahulu.

Latar belakang penelitian ini ialah penjualan Suzuki yang terus - menerus menurun jika dibandingkan dengan para pesaingnya seperti Yamaha dan Honda. Adapun yang menjadi masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana faktor persepsi harga, persepsi kualitas produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk sepeda motor Suzuki?”.Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing – masing variabel, harga (X1), kualitas produk (X2), dan promosi (X3) terhadap keputusan pembelian (Y). 

Dalam penelitian ini data dikumpulkan melalui metode kuesioner terhadap 100 orang responden pembeli sekaligus pengguna sepeda motor Suzuki di Kota Solo dengan metode aksidental.Metode ini digunakan untuk mengetahui tanggapan responden terhadap masing – masing variabel.

Hasil perhitungan didapat bahwa faktor yang paling mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian adalah promosi. Persepsi harga juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Faktor persepsi tentang kualitas produk mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Penilaian bahwa kualitas produk yang bagus akan meningkatkan keputusan pembelian.