Analisis Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada PT. Ridlatama Bangun Usaha - Abdul Razak


Tugas Akhir/Tesis Manajemen
Disusun oleh: Abdul Razak
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Intisari:

Penelitian (tesis) ini dilakukan di PT. Ridlatama Bangun Usaha di mojosari yang merupakan perusahaan konstruksi. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan, baik itu secara langsung maupun tidak langsung melalui kepuasan kerja karyawan. Data diperoleh dengan membagikan kuesioner kepada responden yang telah dipilih, yaitu bagian proyek, peralatan, dan logistik yang telah ditarik sampel untuk masing-masing bagian. Sedangkan untuk kuesioner kinerja karyawan dibagikan kepada atasan langsung untuk tiap-tiap bagian.

Berdasarkan analisis dan pembahasan yang telah dilakukan, maka dalam penelitian ini ditarik kesimpulan bahwa kepemimpinan transformasional lebih memiliki pengaruh tidak langsung yang lebih besar dibandingkan pengaruh langsungnya terhadap kinerja karyawan. Total pengaruh tidak langsung kepemimpinan transformasional yang signifikan terhadap variabel kinerja karyawan melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening sebesar (0.561), sedangkan pengaruh langsungnya sebesar (0.292). Hal ini disebabkan karena variabel kepuasan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel kinerja karyawan. Sehingga variabel intervening yaitu kepuasan kerja semakin memperkuat pengaruh variabel kepemimpinan transformasional terhadap kinerja karyawan.

Tesis/Skripsi Ilmu Manajemen Indonesia - Headline Animator