Pengaruh praktek performance management terhadap kinerja marketing associate Era Tjandra Grup dengan komitmen karyawan sebagai variabel moderating - Jessica Gienardy



Tugas Akhir/Tesis Manajemen
Disusun oleh: Jessica Gienardy
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Performance Management merupakan suatu pendekatan strategik dan terintegrasi dalam menyampaikan sukses sebuah organisasi secara berkesinambungan dengan meningkatkan kinerja orang-orang yang ada dalam organisasi dan dengan mengembangkan kapasitas kelompok dan kontribusi masing-masing anggotanya. Performance Management merupakan suatu proses natural dari sebuah manajemen yang meliputi aktifitas dasar seperti Planning, Managing dan Evaluating. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Performance Management terhadap Kinerja karywan dimana Komitmen menjadi pemoderasi dari hubungan tersebut.

Ada
tiga variabel yang dijabarkan dalam penelitian ini yang terdiri dari Performance Management sebagai variabel bebas dengan Performance planning, coaching dan feedback, sebagai indikator dan Komitmen sebagai variabel moderating dan Kinerja Karyawan sebagai variabel terikat yang diajukan pada Marketing Associate ERA Tjandra Grup Surabaya. Berdasarkan landasan teori yang digunakan dan rumusan yang diajukan, terdapat dua hipotesis yang akan diuji.

Penelitian ini dilakukan pada 53 Marketing Associate ERA Tjandra Grup. Teknis analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah Moderated Regression Analysis yang merupakan aplikasi khusus regresi linear. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Performance Management berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Marketing Associate (2) Performance Management berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Marketing Associate dengan Komitmen sebagai variabel moderating.