Kepuasan kerja, Organizational Citizenship Behavior dan komitmen organisasi pada karyawan HR SSC PT. X Surabaya - Satrio D. Puspito


Tugas Akhir/Tesis Manajemen
Disusun oleh: Satrio D. Puspito
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Kepuasan kerja (job satisfaction) adalah suatu perasaan yang mempengaruhi atau tidak mempengaruhi diri pekerja yang berhubungan dengan pekerjaannya maupun dengan kondisi dirinya. Kepuasan kerja merupakan salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan, selain komitmen organisasi dan Organizational Citizenship Behavior yang akan saling berhubungan, karena dengan adanya kepuasan kerja maka karyawan akan terdorong untuk memberikan pengaruh positif terhadap perusahaan dengan demikian akan dapat menimbulkan sikap kesukarelaan untuk memberi yang terbaik pada perusahaan dengan penuh keikhlasan dalam hal ini adalah Organizational Citizenship Behavior, sehingga tujuan perusahaan akan tercapai dengan baik. Dampak lain dari kepuasan kerja karyawan adalah membangun hubungan baik antara karyawan dengan rekan kerja dan atasan dengan bawahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari kepuasan kerja terhadap Organizational Citizenship Behavior melalui komitmen organisasi.

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini dijabarkan dalam tiga variabel yang terdiri dari kepuasan kerja sebagai variabel eksogen dengan karakteristik gaji, pekerjaan itu sendiri, promosi, penyelia, rekan kerja dan komitmen organisasi sebagai variabel intervening atau mediator dan Organizational Citizenship Behavior sebagai variabel endogen yang diajukan pada karyawan HR SSC PT. X Surabaya. Berdasarkan landasan teori yang digunakan dan rumusan yang diajukan, terdapat tiga hipotesis yang akan diuji.
Penelitian ini dilakukan pada 57 karyawan HR SSC PT. X Surabaya. Teknis analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik partial least square (PLS). Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior OCB (2) Kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen organisasi (3) komitmen organisasi berpengaruh signifikan terhadap OCB.