Eny Rahmawati - Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Nasabah Bank Jatim Cabang dr. Soetomo Surabaya


Tesis Manajemen
Disusun oleh: Eny Rahmawati
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan yang semakin tajam di industri perbankan. Persaingan ini disebabkan pesatnya teknologi dan perkembangan sektor industri perbankan itu sendiri. Industri perbankan merupakan bisnis jasa yang berdasarkan pada azas kepercayaan sehingga masalah kualitas layanan menjadi faktor yang sangat menentukan dalam keberhasilan usahanya. Kualitas layanan merupakan suatu bentuk penilaian konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima dengan tingkat layanan yang diharapkan. Kepuasan konsumen adalah salah satu kunci keberhasilan suatu bisnis, dan juga merupakan respon konsumen terhadap layanan yang diterimanya.

Kualitas layanan yang memberikan kepuasan pada konsumen antara lain: (1) Reliability (keandalan) yaitu kemampuan untuk memberikan jasa secara akurat sesuai dengan yang dijanjikan; (2) Responsiveness (cepat tanggap) yaitu kemauan (daya tanggap) untuk membantu konsumen dan memberikan jasa secara cepat; (3) Assurance, yaitu pengetahuan dan kesopanan karyawan serta kemampuan mereka untuk menimbulkan perlindungan dan kepercayaan; (4) Emphaty, yaitu kemauan untuk perduli dan memberi perhatian secara individu kepada konsumen; dan (5) Tangible, yaitu penampilan fasilitas fisik, peralatan, pegawai, dan materi komunikasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Cabang dr. Sutomo Surabaya, dan untuk mengetahui manakah di antara variabel-variabel Reliability, Responsiveness, Assurance, Emphaty dan Tangibles yang paling berpengaruh terhadap kepuasan nasabah Bank Jatim Cabang dr. Sutomo Surabaya. Penelitian ini dilakukan di Bank Jatim Cabang dr Sutomo Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 200 orang dengan menggunakan analisis regresi linear berganda.

Dari hasil analisis diketahui bahwa variabel penelitian yang mempunyai pengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah adalah Reliability, Responsiveness, Emphaty dan Tangibles. Sedangkan variabel Assurance mempunyai pengaruh yang tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah di Bank Jatim Cabang dr. Sutomo Surabaya. Dan variabel yang terbukti paling berpengaruh adalah Reliability (keakuratan pencatatan dan kesigapan) dibanding aspek Tangibles. Hal ini tidak terlepas dari ruang lingkup Bank Jatim yang masih bersifat regional, yaitu hanya di wilayah Jawa Timur dan karakteristik nasabah Bank Jatim.