Tesis Manajemen
Disusun oleh: Ellen R. Pantouw
Universitas
Airlangga
Program Studi
Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi
Intisari:
Perkembangan zaman yang semakin cepat dan kompetitif menuntut
organisasi untuk senantiasa belajar agar dapat bertahan serta memenangkan
persaingan. Organisasi itu termasuk juga organisasi pendidikan sekolah, yang
walaupun bukan profit oriented tetapi pengelolaannya juga harus memperhatikan
unsur bisnis agar dapat memiliki pendanaan tersendiri. Salah satu organisasi
yang fokus pada learning organization adalah SMP Kristen Anak Panah Nabire
(SMAKAP). SMAKAP melakukan berbagai upaya menuju learning organization.
Penelitian ini menggambarkan proses learning ke dalam tingkatan learning menurut
Garratt, yaitu policy learning yang fokus kepada keefektifan organisasi,
strategic learning, yang mengacu kepada peran pimpinan sebagai katalis proses
learning, dan operational learning yang fokus kepada efisiensi organisasi.
Hal menarik untuk diteliti yaitu sejauh mana policy learning, strategic
learning, operational learning memiliki implikasi kepada kondisi empowerment
serta sejauh mana berimplikasi kepada tingkat kepuasan konsumen utama yaitu
siswa-siswa. Penelitian ini menggunakan holistic single case study, dengan
interviews serta pengamatan langsung untuk mencari data yang diperlukan. Untuk
keperluan mapping dan sebagai salah satu data untuk pattern-matching, dilakukan
penelitian pra-case study.
Hasil
penelitian memperlihatkan bahwa implementasi policy learning, strategic learning,
dan operational learning memiliki implikasi positif terhadap empowerment. Namun
juga terungkap ada hambatan di proses learning. Jika hal ini tidak ditindaklanjuti
maka dapat menurunkan minat anggota organisasi untuk senantiasa menumbuh
kembangkan dirinya. Dari sudut pandang siswa, mayoritas berpendapat berbagai
pembenahan yang merupakan bagian dari proses learning membuat mereka semakin
puas terhadap kualitas pelayanan SMAKAP. Proses learning membuat anggota
organisasi merasakan kondisi empowerment, sehingga mereka senantiasa
meningkatkan kualitas pelayanan kepada siswa dan membuat siswa semakin puas.
Dari segi sumber bukti, penelitian ini membuka kesempatan bagi penelitian
berikutnya dengan sumber bukti yang makin banyak dan metode yang berbeda.