Aditya Nugrahadi - Kontribusi Faktor-Faktor dalam Integrasi Manajemen Mutu Terpadu dan Manajemen Sumber Daya Manusia terhadap Kinerja Mengajar Dosen Melalui Keterlibatan Kerja Mengajar Dosen

(Studi Kasus di Fakultas Farmasi Universitas Airlangga)

Tesis Manajemen
Disusun oleh: Aditya Nugrahadi
Universitas Airlangga
Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi

Intisari:

Survei yang dilakukan kepada 78 dosen di lingkungan Fakultas Farmasi Universitas Airlangga untuk mengetahui persepsi para dosen yang bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh kontribusi faktor-faktor dalam integrasi manajemen mutu terpadu dan manajemen sumber daya manusia yang terdiri dari: gaya kepemimpinan, komitmen studi lanjut, partisipasi, pemberian penghargaan dan sanksi, pemberdayaan, kerjasama tim, komunikasi organisasi, dan pelayanan konsumen terhadap keterlibatan kerja dosen dalam mengajar dan kinerja dosen dalam mengajar.

Masing-masing variabel telah diidentifikasi indikator-indikatornya dan kemudian dituangkan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan dalam kuisioner sebagai instrumen penelitian, kemudian kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan analisis statistik korelasi Cronbach Alpha, dan ternyata semua butir pertanyaan dalam kuesioner telah memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas.

Berdasarkan analisis statistik deskriptif terhadap hasil pengumpulan data dari semua variabel penelitian dapat disimpulkan bahwa para dosen mempersepsikan baik dalam hal: keterlibatan kerja dosen, kinerja dosen dalam bidang pengajaran, gaya kepemimpinan, komitmen studi lanjut, partisipasi dosen, pemberian penghargaan dan sanksi, pemberdayaan dosen, kerjasama tim, komunikasi oraganisasi, sedangkan pelayanan konsumen dipersepsikan cukup baik. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan analisa jalur model trimming ternyata hanya: (1) gaya kepemimpinan, (2) pelayanan konsumen, (3) komunikasi organisasi, (4) kerjasama tim, dan (5) pemberdayaan, yang berkontribusi dan signifikan terhadap keterlibatan kerja mengajar dosen, sedangakan hanya gaya kepemimpinan, yang berkontribusi secara langsung terhadap kinerja mengajar dosen tanpa melalui keterlibatan kerja mengajar dosen.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut disarankan, hendaknya Fakultas Farmasi Universitas Airlangga, terus menjaga dan mempertahankan kondisi yang sudah terbukti meningkatkan kinerja mengajar dosen, melalui keterlibatan kerja mengajar dosen dalam menjalankan tugas pokoknya dan memperbaiki dan meningkatan meningkatkan faktor-faktor yang terbukti kurang mendorong keterlibatan kerja dosen.