Tesis Manajemen
Disusun oleh: Rahmad Purwantahadi
Universitas
Airlangga
Program Studi
Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi
Intisari:
Masa transisi yang sedang berlangsung di Kantor Pelayanan Pajak Pratama
Surabaya Sawahan saat ini masih perlu dikaji lebih jauh mengingat komitmen
organisasi yang diharapkan belum menampakan hasil. Kurang optimalnya komitmen
organisasi tidak bias dilepaskan dari faktor kepuasan kerja dan self efficacy.
Mengingat komitmen organisasional merupakan variabel yang penting, maka pemahaman
terhadap faktor-faktor yang mempengaruhinya khususnya kepuasan kerja dan
self-efficacy dilakukan di dalam penelitian ini.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan
dari kepuasan kerja ekstrinsik, kepuasan kerja intrinsik dan self efficacy
secara simultan pada komitmen organisasi; 2) untuk mengetahui pengaruh yang
signifikan dari kepuasan kerja ekstrinsik, kepuasan kerja intrinsik dan self
efficacy secara parsial pada komitmen organisasi. Adapun alat analisis yang digunakan
adalah analisis deskriptif dan regresi berganda dengan sampel seluruh pegawai
di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Surabaya Sawahan yang berjumlah 80 orang
dengan metode sensus.