Skripsi Manajemen
Disusun oleh: Fahmi J. Saputra
Universitas
Airlangga
Program Studi
Manajemen
Fakultas Ekonomi
Intisari:
Perguruan tinggi merupakan tempat untuk membentuk dan mempersiapkan Sumber
Daya Manusia (SDM) yang berkualitas melalui proses belajar mengajar. Dalam
proses belajar mengajar akan melibatkan berbagai unsur antara lain: dosen,
karyawan, mahasiswa, orang tua, pemerintah, sarana dan prasarana, serta
pihak-pihak lain, yang semua itu akan menentukan keberhasilan lembaga tersebut
dalam menghasilkan lulusan yang berkualitas yang sesuai dengan tuntutan dan
kemajuan jaman. Iklim organisasi memuat tujuh dimensi yaitu: kepercayaan,
moral, konflik, imbalan, kredibilitas pemimpin, perlawanan terhadap perubahan,
dan sebab kesalahan yang dapat menciptakan kepuasan dalam bekerja.
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor iklim
organisasi yang terdiri dari kepercayaan, moral, konflik, imbalan, kredibilitas
pemimpin, perlawanan terhadap perubahan, dan sebab kesalahan secara
bersama-sama mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap kepuasan kerja Dosen FTI
UPN “Veteran” Jawa Timur dan untuk mengetahui faktor iklim organisasi yang
berpengaruh dominan terhadap kepuasan kerja dosen. Sampel dalam penelitian ini
berjumlah 43 responden.
Berdasarkan
hasil analisis dengan menggunakan alat statistik Regresi Linier Berganda,
dengan persamaan: Y = -0,476 + 0,213X1 + 0,141X2 + 0,151X3 + 0,143X4 + 0,133X5
+ 0,120X6 +0,212X7 + e terdapat pengaruh yang bermakna dari faktor-faktor iklim
organisasi yang meliputi: kepercayaan (X1), moral (X2), konflik (X3), imbalan
(X4), kredibilitas pemimpin (X5), perlawanan terhadap perubahan (X6) dan sebab
kesalahan (X7) terhadap kepuasan kerja Dosen FTI UPN “Veteran” Jawa Timur,
dapat terbukti kebenarannya. Pendapat tersebut ditunjukkan oleh hasil F hitung
= 21,254 dan probabilitasnya adalah sebesar 0,00 lebih kecil dari 0,05 dan nilai
koefisien determinasi (R2) sebesar 0,811. Nilai koefisien determinasi sebesar
0,811 ini mempunyai arti bahwa ketujuh faktor-faktor iklim organisasi mampu
memberikan pengaruh terhadap kepuasan kerja dosen (Y) sebesar 81,1%,sedangkan
sisanya 18,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam model
sehingga hipotesis yang pertama pada penelitian ini terbukti kebenarannya. Nilai
coefficient standardized beta menunjukkan bahwa variabel kepercayaan adalah
sebesar 0,394 dan merupakan nilai terbesar di antara nilai coefficient
standardized beta variabel bebas lainnya, sehingga dapat dikatakan bahwa
variabel kepercayaan mempunyai pengaruh yang dominan terhadap kepuasan kerja
dosen (Y), sehingga hipotesis kedua yang menyatakan kepercayaan merupakan
variabel yang berpengaruh dominan diterima kebenarannya.